Lini Belakang Liverpool Semakin Menjanjikan

linibelakangliverpool

Lini depan Liverpool belum menunjukkan perkembangan yang menjanjikan di musim ini karena baru mencetak dua gol dari tiga pertandingan yang dilalui, namun mereka sukses mendapatkan tujuh poin berkat lini belakang yang tangguh.

Dari tiga laga yang dilalui, Liverpool hanya mampu menang 1-0 atas Stoke City dan Bornemouth sebelum menahan imbang Arsenal 0-0 di Stadion Emirates dinihari tadi. Catatan tujuh poin dari tiga pertandingan awal jelas merupakan sebuah pencapaian yang bagus bila mengingat banyak perubahan yang terjadi pada Liverpool di musim panas ini.

Selain kehilangan Luis Suarez di lini depan, salah satu titik lemah Liverpool musim lalu adalah pertahanan mereka yang sangat mudah ditembus lawan. Bahkan pada dua pekan terakhir, Liverpool harus menerima sembilan gol dari lawan.

“Cara kami mengakhiri musim lalu sangatlah tidak bagus, terutama melihat apa yang terjadi di dua pekan terakhir. lini pertahanan kami begitu keropos saat membendung serangan lawan”

“Karena itu saya dan Dejan Lovren saling berdiskusi dan bertekad untuk bisa menampilkan lini pertahanan yang tangguh sejak awal musim ini,” ucap Martin Skrtel seperti dikutip dari Liverpool Echo.

Ketangguhan Skrtel-Lovren benar-benar mendapatkan ujian dalam laga lawan Arsenal. Mereka sukses menahan gempuran para bintang Arsenal dan tak membiarkan serangan Arsenal berujung gol.

“Pertandingan yang berbeda 180 derajat. Di babak pertama, kami memiliki lebih banyak peluang sedangkan di babak kedua mereka terus menggempur kami. Kami senang bisa mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan,” tutur Skrtel.

“Lovren bekerja keras selama musim panas namun keberhasilan kami menampilkan permainan baik sejauh ini bukan hanya karena kami berdua. Seluruh tim bahu-membahu saat kami harus bertahan,” kata pemain kelahiran 15 Desember ini.

Dengan koleksi tujuh poin dari tiga pekan, Liverpool kini ada di peringkat ketiga dan tertinggal dua angka dari Manchester City yang meraih poin sempurna dari tiga laga awal.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami mampu tampil kompetitif baik saat bermain kandang maupun tandang.”

“Kami telah bermain baik di tiga pekan ini namun perjalanan masih panjang. Kini kami harus bersiap menghadapi West Ham di pekan berikutnya,” ujar Skrtel.

Mihajlovic Akan Bawa Milan Kembali Ditakuti

acmilan

Sudah beberapa tahun terakhir ini publik tidak mendengar nama AC Milan dalam prestasi tingkat internasional. Kini, Sinisa Mihajlovic menduduki kursi pelatih dengan target kembali membuat Milan menjadi tim yang ditakuti.

Milan memutuskan untuk merekrut Mihajlovic setelah melihat kinerja pria asal Serbia tersebut di Sampdoria. Berkat tangan dinginnya, Sampdoria berhasil disulap menjadi tim papan atas Italia.  Dalam pandangan Presiden Milan Silvio Berlusconi, Mihajlovic adalah orang yang tepat untuk kembali membuat Milan ditakuti di Italia dan Eropa yang saat ini sedang kehilangan keperkasaannya.

“Saya ingin memiliki skuat yang berisikan pemain-pemain yang selalu memburu kemenangan, yang lapar dalam mencetak gol. Saya ingin seluruh lawan Milan nantinya kembali merasakan ketakutan saat berhadapan dengan kami,” ucap Mihajlovic seperti dikutip dari Football Italia.

Menurut Mihajlovic, dirinya sudah tidak sabar untuk bisa segera berada dalam diskusi yang intens dengan Berlusconi.

“Tentu merupakan sebuah keistimewaan saat saya bisa bertukar pikiran dengan Presiden Berlusconi karena dia sudah banyak memenangi gelar bersama Milan.”

“Saya akan sangat menyenangi proses diskusi dengan Berlusconi namun tetap saya akan mengambil tanggung jawab penuh terhadap tim ini,” ujar pria yang terkenal dengan tendangan bebasnya semasa bermain ini.

Mihajlovic kemudian mengklarifikasi pernyataannya di masa lalu yang sangat anti-Milan. Lantaran pernah bermain dan menjadi asisten pelatih Inter Milan, Mihajlovic pernah berucap bahwa dirinya tidak akan bergabung dengan Milan yang merupakan rival abadi Inter.

“Saat masih muda, saya membagi dunia ini jadi dua bagian, yaitu Inter Milan dan rival-rival kami. Saya pun butuh musuh agar terus termotivasi untuk menjadi lebih baik. Namun saat ini saya sudah berusia 46 tahun dan tak lagi memiliki pola pikiran seperti itu,” ucap Mihajlovic.

“Melatih Milan akan menjadi pengalaman yang sangat mengagumkan bagi saya karena saya harus mengubah pandangan skeptis yang ada di sekitar saya,” kata mantan pemain Lazio ini.

Mihajlovic juga tidak lupa menyampaikan komentarnya tentang striker yang kini dikabarkan tengah diburu oleh milan, yaitu Zlatan Ibrahimovic.

“Saya pernah bekerja sama dengan Ibrahimovic dan saya pastinya sangat menyenangi melatih pemain hebat sepertinya.” tutup Mihajlovic.

Arema Bakal Puncaki Grup B Piala Presiden

(sepakbola) Skuad tim Arema Cronus. KORAN SINDO/Ramadhan Adiputra

Pembagian grup Piala Presiden 2015 telah diumumkan dan Arema Cronus bakal menjadi tuan rumah Grup B di

Stadion Kanjuruhan, Malang. Arema berkumpul dengan Persela Lamongan, Sriwijaya FC, serta PSGC Ciamis. Melihat peta kekuatan tersebut, Arema berpotensi mendominasi.

Dari segi teknis, Arema jauh lebih siap dibanding kompetitornya karena tidak vakum selama kompetisi reguler berhenti. Selain itu predikat tuan rumah juga menjadi keuntungan mutlak bagi tim berjuluk Singo Edan dengan dukungan penuh publik Malang, sehingga sangat berpotensi Arema keluar sebagai pemuncak grup.

Menilai perkembangan masing-masing tim yang ikut di grub B, hanya Arema yang selama ini eksis mengisi turnamen. Sementara Persela Lamongan baru memulai latihan setelah vakum lama, demikian pula Sriwijaya FC. Sedangkan kekuatan PSGC Ciamis berada satu tingkat di bawah Arema.

Terlepas dari kondisi kebugaran pemain Singo Edan yang kurang bagus dengan adanya beberapa yang cedera, secara kualitas mereka masih lebih siap. Dari sisi stamina maupun performa masih relatif stabil dan tinggal melakukan penataan dari aspek teknis.

Walau prediksi awal mengunggulkan Arema bakal memuncaki Grup B, staf pelatih masih kalem menyikapi persaingan. Asisten Pelatih Arema Joko Susilo mengatakan masih terlalu dini untuk membaca peta persaingan karena kontestan lain baru memulai aktivitas latihan.

“Kami belum bisa mengatakan Arema paling superior di grup ini, karena kekuatan lain juga belum bisa dianalisa. Tim seperti Persela dan Sriwijaya FC masih baru memulai latihan dan belum kelihatan bagaimana kekuatan mereka di Piala Presiden,” tutur Joko Susilo.

Namun, dirinya memastikan Arema bakal mematok target setinggi mungkin dan langkah awal adalah menguasai grup B. Tekat tersebut tak terbantahkan lagi karena Arema disebutkan selal berupaya mengejar kemenangan atas lawan-lawannya.

“Bisa dilihat bagaimana tim bermain di pertandingan persahabatan atau turnamen. Arema tidak pernah bermain setengah-setengah di pertandingan model apa pun. Jadi sudah pasti kami sangat bernafsu mencapai hasil sebaik mungkin di Piala Presiden,” tambah dia.

Arema sendiri memiliki waktu untuk memulihkan kondisi setelah beberapa pemain tumbang selama Agustus ini. Selain Kurnia Meiga yang masih pemulihan, Dendi Santoso dan Ahmad Nufiandani juga mengalami cedera ketika mengikuti turnamen Sunrise of Java Cup (SoJC) 2015 di Banyuwangi.

Arif Suyono dan Ahmad Bustomi juga harus ditandu di tengah pertandingan lawan Persib Bandung tempo hari, walau diprediksi cederanya tak terlalu serius. Sejauh ini hanya Ahmad Nufiandani yang dipastikan melewatkan Piala Presiden karena absen 10 bulan karena kerusakan ligamen.

Lagi, Ramos Tolak Kontrak Baru Real Madrid

sergioramos2

Dikabarkan Sergio Ramos kembali menolak kontrak yang disodorkan Real Madrid karena angka didalamnya masih tidak sesuai dengan permintaan calon kapten El Real musim depan.

Menurut Cadena SER, Presiden Real Madrid Florentino Perez, melalui kontrak baru tersebut, menawarkan gaji sebesar 8,5 juta euro per tahun. Sementara itu, Ramos ternyata masih bergeming di angka sepuluh juta euro.

Sementara itu, Inside Spanish Football menuliskan bahwa kesepakatan yang dicapai Ramos dan Perez di China hanyalah sebatas membuka kembali negosiasi. Saat itu, belum ada kesepakatan angka yang akan didapat Ramos dalam kontrak barunya.

Dengan sodoran kontrak baru yang langsung memuat angka, disinyalir membuat Ramos tersinggung. Pemain berusia 29 tahun itu masih tetap membuka kemungkinan negosiasi kembali, meski saat ini bersikukuh di angka sepuluh juta euro.

Walau kabar hubungan tidak harmonis antara klub dan pemain ini kembali mencuat, Ramos masih diyakini lebih berat pada Real Madrid yang sudah menaunginya selama sepuluh tahun ini. Sementara Manchester United juga belum mengambil langkah maju.

Pasalnya, pihak United meyakini jika Ramos hanya memperalat ketertarikan mereka untuk menaikkan posisi tawarnya di Los Blancos. Penolakan Ramos mengumumkan ke publik tentang keinginannya pergi dari Santiago Bernabeu beberapa waktu lalu menjadi pemicu tudingan tersebut.

Ramos masih memberi waktu untuk lakukan negosiasi ulang sebelum La Liga Spanyol dimulai. Tepatnya, tiga pekan ke depan. Akankah ada kesepakatan baru?

Bek tangguh Los Blancos ini meminta kenaikan gaji yang kurang lebih setara dengan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Ia merasa layak mendapatkan hal itu setelah sepuluh tahun mampu diandalkan sebagai pemain lini belakang Real Madrid.

Sementara sang presiden, Florentino Perez, pada awal negosiasi hanya memberi kenaikan hingga tujuh juta euro. Negosiasi berjalan alot hingga Manchester United menyatakan mampu membayar Ramos lebih dari permintaannya di Real Madrid. Hal ini membuat Perez mau tidak mau harus memperbarui kontrak yang akan diberikan ke Ramos.

Sejauh ini, Ramos masih menunjukkan kecintaannya pada klub raksasa asal Spanyol itu. Ia masih menahan tawaran dari Man United demi klub yang kini ditukangi Rafel Benitez tersebut.

Barcelona Keok Lagi di Pra-Musim, Suarez Rindu Trio MSN

MessinNeymar

Barcelona kembali keok di pertandingan uji coba pramusim. La Braulgrana mengalami kesulitan mencetak gol karena lini depan mereka bukan di isi oleh Lionel Messi dan Neymar, hanya Luiz Suarez saja. Hal ini membuat mereka tak berdaya.

Tiga kekalahan diderita Barcelona dari empat pertandingan pramusim yang sudah dijalani. Satu-satunya kemenangan yang didapat skuat besutan Luis Enrique adalah dengan skor 2-1 saat berhadapan dengan LA Galaxy. Sementara ketika berhadapan dengan sesama klub Eropa, mereka selalu jadi pihak yang kalah.

Saat berduel dengan Manchester United, Barca harus tunduk dengan skor 1-3. Hasil 2-2 didapat saat bertemu dengan Chelsea, namun saat laga dituntaskan ke adu penalti Barca juga kalah 2-4. Yang terakhir terjadi dinihari tadi, saat mereka sempat tertinggal dua gol dan akhirnya tunduk 1-2.

Meski tak melulu jadi starter, pemain-pemain utama Barcelona selalu turun di pertandingan-pertandingan itu. Pengecualian terjadi pada Messi dan Neymar yang selalu absen. Keduanya diberikan waktu istirahat lebih panjang setelah tampil di Copa America dan baru kembali ke pusat latihan di Jumat lalu, bersama Dani Alves dan Javier Mascherano.

Absennya Messi dan Neymar memberi pengaruh banyak pada kekalahan-kekahalan yang didapat Barcelona. Itu terlihat jelas dalam pertandingan dengan La Viola malam tadi. Barcelona tampil dominan dan menguasai jalannya laga, tapi itu kemudian jadi percuma karena di sepertiga pertahanan lawan mereka tak cukup efektif. Tidak ada pemain yang mampu mengkonversi peluang ataupun menciptakan ruang untuk mengcetak gol.

Luis Suarez tak bisa bekerja sendirian di lini depan untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan. Padahal dia tetap tajam dengan total sudah membuat tiga gol dari empat pertandingan pramusim.

Belum diketahui apakah Neymar dan Messi akan memperkuat Barcelona di uji coba pramusim selanjutnya. Barcelona masih menyisakan satu pertandingan lagi sebelum musim bergulir yakni berhadapan dengan AS Roma di ajang Joan Gamper Trophy pada 5 Agustus mendatang.

Tabloid sepakbola terkenal Spanyol, Marca menyebut kalau Messi kemungkinan besar baru siap bertanding saat berhadapan dengan Sevilla di ajang Piala Super Eropa, 11 Agustus mendatang. Setelah itu Barcelona bakal menjalani pertandingan dua leg dengan Athletico Bilbao di Piala Super Spanyol.

Soal hasil pramusim yang kurang memuaskan, Barcelona mungkin tidak perlu terlalu khawatir. Musim lalu mereka juga tersendat setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Recreativo Huelva, berimbang dengan Nice dan kalah dari Napoli. Tapi Barca kemudian tampil perkasa di paruh kedua musim dan meraih semua trofi yang bisa mereka raih.

Suarez-Neymar-Messi menjadi trio penyerang yang sangat mengerikan di musim lalu. Di semua kompetisi koleksi gol ketiga pemain tersebut mencapai angka 122.